Jasa Uji Lab Makanan dan Analisa Produk di Legalita Raya!

uji lab makanan

Keamanan makanan menjadi suatu hal yang sangat krusial dan diwajibkan oleh pemerintah Indonesia. Untuk memastikan keamanan makanan harus melalui uji lab makanan. Umumnya uji ini diperlukan bagi produk yang hendak mendaftarkan izin BPOM.

Bukan hanya makanan saja, tapi ada juga uji lab minuman. Hal ini berguna untuk memastikan keamanan produk makanan dan minuman yang tersebar di Indonesia. Untuk itu, bagi Anda yang hendak mencari jasa uji laboratorium produk makanan, simak berikut ini!

Seputar Uji Laboratorium Produk Makanan dan Minuman

Uji lab makanan adalah salah satu proses uji kelayakan sebuah produk yang hendak dijual dan dikonsumsi masyarakat. Umumnya akan dibutuhkan dalam pembuatan izin edar PIRT maupun izin edar BPOM.

Untuk ini, pengujian laboratorium produk makanan dan minuman sangat penting dilakukan. Pelaku usaha yang hendak mendaftarkan untuk mendapatkan izin edar perlu melakukan uji lab. Dan, pastikan pula bahwa laboratorium telah terakreditasi pengujian pangan.

Karena apabila dilakukan di luar Labkesmas atau Laboratorium Kesehatan Masyarakat, maka perlu diperhatikan akreditasinya. Terdapat beberapa biaya uji lab BPOM yang perlu disiapkan untuk beberapa jenis produk. 

Syarat Untuk Uji Laboratorium Makanan

Syarat uji lab makanan harus dipatuhi agar produk yang didaftarkan bisa segera diproses. Ada beberapa syarat awal administrasi hingga penerbitan hasil uji didapatkan. Beberapa syarat yang dimaksudkan, sebagai berikut:

  1. Syarat administrasi: surat pengajuan uji lab, surat pengantar sampel produk, bukti pembayaran lunas uang muka layanan jasa lab.
  2. Syarat substantif: kecukupan syarat contoh uji, sampe border yang sesuai dengan ruang lingkup pengujian.
  3. Syarat yang harus dipenuhi pada proses akhir: pelunasan biaya layanan uji laboratorium dan penerbitan sertifikat hasil uji laboratorium. 

Penyelesaian uji laboratorium untuk makanan dan minuman akan segera dikerjakan setelah pelunasan. Baik mendaftar langsung secara mandiri maupun melalui jasa tetap akan diberlakukan seperti itu.

Kenapa Uji Laboratorium Makanan Penting?

Melakukan uji laboratorium makanan menjadi salah satu hal penting dan sangat krusial. Adanya ketentuan untuk uji lab makanan menjadi penting diperhatikan oleh para pelaku usaha. Mengapa uji lab untuk produk makanan dan minuman sangat penting? Berikut ini!

1. Perlu Untuk Mengetahui Kualitas Makanan

Untuk melihat kualitas produk makanan dan minuman haruslah dilakukan uji laboratorium. Setelah melewati uji lab akan diuraikan komponen bahan dan juga kadar yang ada di produk. Informasi tentang bahan makanan tersebut berguna pula untuk memodifikasi produk.

Dengan itu, produk akan terus berkembang dan juga kualitasnya tetap terjaga. Karena sebagai pelaku usaha, menjaga kualitas makanan adalah pekerjaan utama. 

2. Untuk Menentukan Kandungan Gizi

Hasil dari uji lab dan analisis makanan juga mencantumkan kadar gizi yang ada dalam produk. Kandungan gizi pada produk makanan dan minuman dapat digunakan sebagai acuan menyusun menu sehari-hari.

3. Mendeteksi Senyawa Ikutan dan Metabolit Beracun

Uji laboratorium produk makanan juga berguna untuk mendeteksi senyawa ikutan serta metabolit beracun dalam produk. Karena beberapa orang memiliki alergi terhadap suatu senyawa tertentu maka sangat diperlukan untuk uji lab ini.

Selain mendeteksi senyawa yang dapat menimbulkan alergi atau intoleransi, uji ini dapat mendeteksi senyawa beracun. Beberapa senyawa beracun pada makanan, yakni aflatoksin sehingga dapat diambil tindakan pencegahan. 

4. Untuk Menjaga Kualitas Selama Proses Produksi 

Hasil uji laboratorium produk makanan dan minuman juga digunakan selama proses produksi. Karena dengan hasil tersebut produsen tetap bisa melihat dan mempertahankan kualitas produk. Bahan yang dapat menimbulkan alergi dan gizi tertentu dapat dipertahankan.

Di Mana Jasa Uji Laboratorium Makanan?

Bagi Anda yang bingung mencari tempat uji lab makanan selain di laboratorium kesehatan masyarakat. Ada banyak jasa yang menyediakan layanan uji laboratorium dan analisis makanan. Di antaranya yang berkualitas dan terjamin profesionalitasnya di Legalita Raya. 

  1. Legalita Raya Abadi menyediakan laboratorium yang telah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN). Bisa dijamin hasil dari uji laboratorium di Legalita Raya bisa diterima oleh BPOM maupun Kemenkes RI. 

Penutup

Uji lab makanan akan sangat berguna untuk memastikan kualitas serta informasi penting dalam produk. Dan, uji lab tersebut termasuk dalam bentuk tanggung jawab sebagai pelaku usaha. Adapun jasa yang sudah pasti akreditasinya hanya di Legalita Raya Abadi!