2 Cara Mengecek Nomor BPOM Tanpa Bayar

cara mengecek nomor BPOM

Mengecek nomor BPOM penting dilakukan agar mengetahui keamanan dari produk yang digunakan. Produk yang sudah terdaftar artinya aman digunakan atau dikonsumsi. Untuk mengetahui keamanan produknya, Anda harus tahu cara mengecek nomor BPOM.

Cara tersebut tidak akan ribet ketika Anda paham langkah-langkahnya. Setelah dicek, Anda akan mendapatkan banyak informasi terkait produk tersebut sehingga lebih mudah menentukan pilihan untuk menggunakan produknya atau tidak.

Pengertian BPOM

BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) merupakan lembaga yang bertugas mengawasi peredaran obat, kosmetik, produk kesehatan dan makanan di Indonesia. Semua produk yang beredar harus diuji terlebih dahulu sebelum mendapatkan izin dari BPOM.

Tugas dari Badan POM sendiri cukup berat karena harus menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat Indonesia. Pengujian setiap produknya pun dilakukan cukup ketat sehingga produk yang sudah berhasil lolos benar-benar aman digunakan masyarakat.

BPOM didirikan sudah lama yaitu sejak tahun 2000 melalui keputusan presiden nomor 166. Hingga saat ini BPOM bertanggung jawab langsung kepada presiden melalui perantara Kementerian Kesehatan.

Cara Mengecek Nomor BPOM

Mengecek nomor BPOM terdapat beberapa alternatif cara yang bisa dilakukan. Siapapun bisa melakukannya sendiri. Berikut beberapa alternatif caranya:

1. Mengecek Secara Manual

Cara cek POM yang paling mudah adalah mengeceknya secara manual. Anda bisa melihat langsung kemasan dari produk atau makanan yang ingin dibeli. Nomor BPOM biasanya berada di bagian belakang dari kemasan.

Jumlah nomor BPOM bergantung dengan jenis produknya. Untuk produk olahan terdiri dari 15 digit, kosmetik terdiri dari 2 huruf dan 11 angka, obat tradisional terdiri dari 9 angka. Pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu jumlah digit angkanya sebelum mengecek produk.

Selain melihat nomor BPOM, Anda juga perlu mengecek tanggal kadaluarsa, kondisi kemasannya, label halalnya, dan lain-lain. Tujuannya agar mengetahui kelayakan dari produk tersebut. Apabila dirasa aman, maka Anda dipersilahkan membeli produknya.

2. Melalui Situs Resminya

Mengecek nomor BPOM juga bisa dilakukan dengan cara mengunjungi situs resminya. Pada situs tersebut terdapat kolom yang bisa digunakan untuk mengecek secara langsung produk yang terdaftar di dalam BPOM.

Anda bisa klik menu Registrasi pada website tersebut. Kemudian, masukkan nomor BPOM dari produk yang akan diperiksa. Apabila sudah, silahkan klik cari. Anda akan menemukan informasi lengkap mengenai produk tersebut jika benar-benar terdaftar.

Persyaratan Mengurus Izin BPOM

Bagi produsen yang tidak memiliki izin BPOM, maka tidak boleh beredar. Untuk itu, para pengusaha baru wajib mendaftarkan produknya agar bisa beredar. Berikut terdapat beberapa persyaratan yang perlu diurus:

1. Identitas Pelaku Usaha

Syarat pertama yang harus Anda siapkan untuk mendaftar BPOM adalah identitas dari pelaku usaha. Identitas tersebut yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk), akta perusahaan, NPWP, dan NIB. 

2. Dokumen Keamanan Produk

Dokumen yang perlu disiapkan terkait keamanan produk adalah laporan uji klinis serta non klinis. Laporan tersebut termasuk syarat wajib sehingga tidak boleh terlewatkan begitu saja.

3. Dokumen Produk

Dokumen ini berisi bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produk, manfaat produk, proses produksi, dan penggunaan produk. Pastikan isi dokumen tersebut sudah komplit agar Anda tidak perlu melakukan perbaikan.

4. Dokumen Label dan Kemasan

Setiap produk wajib memiliki label dan kemasannya. Kedua komponen tersebut tidak boleh sama dengan produk yang sudah ada saat ini. 

5. Dokumen Kualitas dan Standar

Dokumen ini bisa berisi hasil uji laboratorium, spesifikasi produk, dan metode produksi. Syarat ini berguna untuk mendapatkan No. BPOM.

Rekomendasi Jasa Legalitas BPOM Terbaik

Bagi perusahaan baru yang belum memiliki izin BPOM, maka dipersilahkan untuk segera mengurusnya. Untuk mempermudah dalam pengurusannya, Anda bisa memanfaatkan jasa legalitas terpercaya. Salah satunya yaitu PT Legalita Raya.

PT tersebut telah menangani izin BPOM selama bertahun-tahun. Kredibilitasnya pun tidak perlu diragukan lagi. Segera kunjungi PT Legalita Raya untuk berlangganan. Di dalam website tersebut juga terdapat nomor yang bisa dihubungi. 

Penutup

Itulah beberapa cara mengecek nomor BPOM yang bisa Anda coba secara gratis. Untuk pengurusan izin BPOMnya, silahkan menghubungi jasa legalitas yang sudah dipaparkan di atas.