Cara Cek Barcode BPOM Sekali Jadi Tanpa Ribet

cara cek barcode bpom

Pada setiap kemasan produk olahan makanan ataupun produk kosmetik biasanya diberi barcode BPOM. Tujuannya agar mempermudah konsumen untuk mengecek kode barcode tersebut. Cara cek barcode BPOM pun sangat mudah.

Sekarang cek BPOM bisa dilakukan secara otomatis karena sudah ada barcode di dalam produknya. Semua produk olahan makanan dan kosmetik yang legal biasanya disertai dengan barcode BPOM ini.

Apa Itu BPOM? 

Sebelum mengetahui cara cek barcode BPOM, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu BPOM. BPOM merupakan lembaga yang bertugas untuk mengawasi peredaran makanan, obat, dan kosmetik yang ada di Indonesia.

Semua produk yang sudah memiliki izin BPOM dapat diedarkan secara bebas ke seluruh penjuru negeri. Tanda bahwa produk tersebut resmi yaitu ada kode BPOM ataupun barcode pada kemasannya.

No BPOM tersebut bisa diperiksa kebenarannya dengan mengeceknya sendiri melalui website. Apabila Anda merasa malas untuk mengetik nomor BPOMnya, maka bisa dengan cara melakukan scan pada barcode yang tersedia.

Melakukan scan barcode tersebut hanya membutuhkan smartphone saja. Namun, pastikan smartphone tersebut recommended untuk melakukan scan. Poin penting lainnya yaitu pencahayaannya harus mendukung.

Smartphone yang Anda butuhkan bisa Android ataupun iPhone. Tidak ada spesifikasi khusus pada smartphone, yang penting fitur kamera bisa mendeteksi barcode dengan mudah.

Cara Cek Barcode BPOM

Cara cek BPOM menggunakan barcode sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Kuncinya yaitu memiliki HP Android ataupun iPhone. Apabila Anda masih bingung, berikut cara yang bisa dilakukan:

1. Mengunduh Aplikasi

Pertama Anda perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu di Play Store. Nama aplikasinya yaitu BPOM Mobile. Bagi pengguna iPhone bisa mengunduh aplikasi di App Store. Kapasitas dari aplikasi ini tidak terlalu besar sehingga akan muat untuk HP Anda.

2. Melakukan Registrasi 

Setelah aplikasi terunduh, Anda bisa langsung registrasi atau mendaftarkan diri. Registrasi ini diperlukan agar Anda bisa masuk ke aplikasinya. Isikan data diri secara lengkap seperti nama, nomor HP, dan kata sandi.

Nantinya, Anda akan masuk ke dalam aplikasi setelah melakukan registrasi. Pastikan sinyal internet mendukung untuk melakukan registrasi ini agar registrasi menjadi lebih cepat.

3. Scan Produk

Apabila Anda sudah masuk, maka ada menu scan produk yang posisinya berada di sebelah pojok kiri dari layar Anda. Pilih ikon tersebut untuk bisa melakukan scan produk. Kemudian, arahkan kamera ponsel Anda ke barcode atau QR code yang ada pada kemasan. 

Code tersebut biasanya ada pada bagian belakang kemasan atau di bawah kemasan. Anda perlu jeli dalam mencarinya karena bentuk dari barcode ini cukup kecil. 

Produk yang resmi akan memunculkan informasi lengkap terkait produk setelah dilakukan scan. Lain halnya jika produk tersebut tidak resmi, maka tidak akan muncul informasi apapun. 

Bagi Anda yang tidak ingin mengunduh aplikasi untuk cek barcode, maka bisa dengan menggunakan website resmi Badan POM. Namun, Anda perlu memasukkan kodenya secara manual untuk bisa melakukan cek BPOM.

Rekomendasi Jasa Perizinan BPOM Terbaik

Dewasa ini, mengurus izin BPOM tidak perlu datang langsung ke kantornya. Anda yang ingin mendaftarkan produk untuk memperoleh BPOM bisa menggunakan jasa yang ahli dalam mengurusnya.

Salah satu jasa yang recommended adalah PT Legalita Raya. Proses pengurusan izin BPOM akan lebih cepat dibandingkan Anda mengurusnya sendiri. Selain itu, waktu Anda pun tidak akan terbuang secara sia-sia jika menggunakan jasa ini.

PT Legalita Raya akan memberikan konsultasi secara gratis bagi setiap pelanggan yang ingin mengurus BPOM. Tentu hal tersebut sangat bermanfaat bagi Anda yang masih pemula. Proses pengurusan perizinannya pun akan dipandu dari awal hingga akhir.

Untuk menggunakan jasanya, silahkan kunjungi website PT Legalita Raya. Di dalam website tersebut, terdapat beragam pilihan produk yang bisa Anda pilih. Selain itu, terdapat kontak admin yang bisa Anda dihubungi juga.

Penutup

Itulah cara cek barcode BPOM yang bisa Anda terapkan untuk mengecek informasi detail mengenai produknya. Bagi Anda yang ingin mengurus perizinan BPOM juga dipersilahkan menggunakan jasa tersebut.