Berapa Lama Masa Berlaku Sertifikasi Halal? Ini Jawabannya!

masa berlaku sertifikasi halal

Ada banyak orang yang ingin tahu tentang berapa lama masa berlaku sertifikasi halal. Hal ini sangat wajar, mengingat Anda perlu segera memperbaikinya segera setelah masa berlakunya selesai. Dengan begitu, bisnis Anda bisa berjalan dengan jauh lebih lancar. 

Sebab, menurut keputusan undang-undang terbaru, mulai 18 Oktober 2024 sertifikat halal hukumnya wajib. Jadi, jika Anda ingin tahu apakah pedagang harus punya sertifikat halal, maka jawabannya adalah iya. Karena itu, kenali peraturannya pada penjelasan berikut!

Masa Berlaku Sertifikasi Halal

Setelah tahu jawaban atas pertanyaan apakah 2024 wajib sertifikasi halal, yaitu wajib, Anda juga perlu tahu berapa lama masa berlakunya. Terlebih, bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang makanan, rumah potong hewan, minuman, dan ragam jenis usaha lainnya. 

Sebenarnya, mengenai pertanyaan berapa lama masa berlakunya sertifikat halal, sertifikat ini berlaku seumur hidup. Hanya saja, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi untuk itu. Berikut adalah syarat agar masa berlakunya bisa seumur hidup!

1. Tidak Ada Perubahan Pada Bahan Baku dan Proses Pembuatan Produk

Seperti apa yang mungkin sudah Anda ketahui, sertifikat halal tidak akan bisa diterbitkan secara sembarangan. Anda hanya bisa mendapatkannya jika dapat membuktikan bahwa produk yang Anda buat halal 100% dan tidak ada bahan baku non-halal di sana. 

Bahkan, bukan hanya soal bahan baku saja, Anda juga perlu membuktikan bahwa proses pembuatan produk tersebut juga halal. Terlebih jika di dalam produk tersebut ada bahan baku daging hewan potong atau mengalami proses pengawetan kompleks.

Jika ada bahan baku daging hewan potong, maka Anda perlu memastikan jika Anda mendapatkannya di rumah potong yang sudah bersertifikat halal. Apabila Anda memotong daging sendiri, maka ada kemungkinan Anda harus mengantongi izin terlebih dulu. 

Hal yang sama juga berlaku pada proses pengawetan produk. Usahakan agar prosesnya sederhana dan tidak memakai lebih dari satu cara. Jika prosesnya lebih kompleks, maka sertifikat tersebut akan lebih sulit diterbitkan karena izinnya pun akan lebih kompleks. 

2. Lolos Pemeriksaan Implementasi Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH)

Hal lain yang perlu Anda perhatikan jika ingin mendapatkan masa berlaku sertifikasi halal seumur hidup adalah SPJH. SPJH adalah singkatan dari Sistem Jaminan Produk Halal dan Anda harus lolos pada saat pihak BPJPH melakukan pemeriksaan Implementasinya.

BPJPH sendiri merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal yang berada di bawah Kementerian Agama. Tugas utamanya adalah untuk memeriksa, memberikan izin halal, dan melakukan pemantauan pada perusahaan atau pemilik usaha.

Berbeda dengan masa berlaku sertifikasi halal yang berlaku seumur hidup, SJPH hanya berlaku selama empat tahun. Jadi, Anda perlu melakukan pemeriksaan setiap empat tahun sekali dan membuktikan jika tidak ada yang berubah dari bahan baku maupun prosesnya. 

Jika ada yang berubah, maka Anda perlu membuat sertifikasi yang baru untuk menggantikan yang lama. Jadi, pastikan Anda segera mengurusnya jika ada perubahan sedikitpun pada produk Anda. Sebab, regulasinya akan semakin sulit jika tidak lolos SJPH. 

Tempat untuk Mengurus Pembuatan dan Pembaharuan Sertifikasi Halal

Setelah paham bahwa sertifikat halal berlaku selamanya asalkan tidak ada pembaruan bahan baku dan prosesnya, Anda perlu segera memilikinya. Sebab, hukumnya sudah wajib sejak tanggal 18 Oktober 2024 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Salah satu tempat yang bisa membantu Anda mengurus pembuatan sertifikasi halal adalah PT Legalita Raya. Bukan hanya untuk membuatnya saja, tim kami juga siap membantu Anda melakukan pembaruan. Terutama jika ada perubahan di bahan baku dan proses.

Tidak hanya membantu mendaftarkan saja, kami juga akan memberikan dampingan dan layanan konsultasi untuk menjawab semua hal yang belum Anda pahami. Kami juga bisa memberi bantuan pada saat menyiapkan segala syarat yang akan Anda butuhkan.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin memperpanjang masa berlaku sertifikasi halal karena ada perubahan atau berencana untuk membuat yang baru, segera hubungi tim PT Legalita Raya. Pastinya kami akan memberi layanan yang terbaik dari awal hingga akhir!